Kaget Irish Bella Hamil Anak Kembar, Sang Ibu Tak Sangka Bakal Punya 2 Cucu : Enggak Ada Keturunan (2)

Irish Bella, Ammar Zoni dan keluarga Ibel 

Memiliki anak kembar memang sering diidentikan dengan adanya faktor keturunan.

Namun sebenarnya, apa saja faktor yang bisa membuat seorang wanita mengandung bayi kembar ? Apakah hanya karena faktor genetik ?

Hasil USG bayi kembar Irish Bella (Youtube channel AISH TV)

Dilansir dari laman hellosehat.com, gen memainkan peran besar dalam penentuan anak kembar fraternal atau kembar tidak identik, namun gen penyebab seorang wanita bisa mengandung kembar fraternal tidak diketahui.

Satu teori adalah kadar hormon FSH, alias follicle-stimulating hormone, mungkin lebih tinggi pada ibu yang mengandung anak kembar fraternal.

FSH diperlukan untuk pertumbuhan sel telur dan umum digunakan sebagai obat kesuburan.

Ibu dari anak kembar fraternal cenderung memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dan memiliki siklus menstruasi yang lebih pendek.

Ciri ini juga bisa disebabkan oleh kadar hormon yang tinggi.

Menurut dokter spesialis kandungan dan kebidanan, Benny Johan Marpaung, peluang hamil bayi kembar tetap bisa terjadi walaupun berjenis kembar fraternal (kembar tidak identik).

Artinya, ada lebih dari satu sel telur yang dibuahi oleh sel sperma yang berbeda.

Dilansir dari Kompas.com, Benny menyebut setidaknya lima faktor yang membuat seorang wanita bisa mengandung bayi kembar fraternal.

1. Usia

"Wanita yang lebih tua cenderung punya kemungkinan lebih besar untuk dapat bayi kembar," ujarnya saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (14/4/2018).

Pada usia di atas 35 tahun, wanita cenderung mengeluarkan lebih dari satu folikel sel telur saat masa subur (ovulasi).

Peningkatan produksi ovum ini didorong oleh makin banyaknya follicle stimulating hormone (FSH) pada usia yang lebih matang dibandingkan usia lebih muda.

Kendati demikian, Benny tetap mewanti-wanti ibu hamil di atas usia 35 tahun agar berhati-hati. Sebab, ada risiko yang mengintai kehamilan pada usia tua, seperti hipertensi.

2. Jumlah Anak Sebelumnya

Benny juga mengatakan bahwa perempuan yang sebelumnya telah punya anak lebih dari satu memiliki peluang yang lebih besar untuk punya anak kembar di kehamilan berikutnya.

"Tandanya sistem reproduksinya tidak ada masalah. Ovulasi juga baik-baik saja sehingga lebih berpotensi besar melepaskan lebih dari satu sel telur saat ovulasi," ujarnya.

Ilustrasi anak kembar (SHUTTERSTOCK)

Selain ibu dengan banyak anak, ibu yang pernah hamil kembar juga kemungkinannya lebih besar dalam mendapat anak kembar berikutnya.

Pasalnya, sang ibu telah terbukti punya kemampuan memproduksi lebih dari satu ovum.




Translate

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==